Pengertian Dan Cara Optimasi SEO Offpage
Pengertian Seo Off Page
Memanfaatkan penggunaan heading, menggunakan template yang responsive, membuat meta deskripsi yang menarik, menggunakan link juice semua itu adalah hal-hal yang berkaitan dengan Seo On Page. Lantas apa yang disebut dengan Seo Off Page?
Melakukan backlink hingga mempromosikan website Anda melalui google adsense merupakan bagian dari Seo Off Page.

Jadi, jika Seo On Page merupakan pengoptimasian melalui dari dalam web dengan mengatur berbagai macam hal yang terdapat pada website yang bersangkutan sementara Seo Off Page adalah serangakaian langkah untuk meningkatkan traffic website dari pihak ketiga.

Cara Optimasi Seo Off Page
Di internet banyak sekali langkah-langkah penerapan Seo On Page tetapi masih jarang petunjuk untuk mengoptimalkan Seo Off Page. Di bawah ini merupakan langkah-langkah penerapan Seo Off Page.

1. Buat Konten yang Jelas dan Rutin
Konten yang jelas di sini adalah konten dengan topik tertentu yang bermanfaat dan memiliki isi yang berbobot. Bila Anda membuat website untuk mempromosikan usaha Anda di dunia nyata maka buatlah konten atau artikel yang berkaitan dengan usaha Anda tersebut, tidak harus selalu berisi promosi usaha Anda.

Maksudnya begini, misal Anda memiliki usaha toko komputer maka buatlah artikel tentang cara merawat komputer, cara memperbaiki printer dan sebagainya yang berkaitan dengan komputer.
Jadi intinya buat artikel tips dan trik atau informasi yang berguna untuk pembaca, lalu di akhir artikel sematkan sedikit promosi usaha Anda.

Lakukan hal tersebut secara rutin. Karena website Anda memiliki konten yang jelas dan lengkap maka orang-orang tersebut bisa jadi mengingat nama website Anda dan mereka akan berkunjung kembali ke website Anda untuk mencari informasi yang lain di kemudian hari.

2. Jangan Pelit Internal Link
Sering menautkan link website lain baik url homepage atau url artikelnya akan membuat si pemilik website merasa berutang budi pada Anda sehingga Anda bisa dengan mudah meminta tolong kepada pemilik website tersebut untuk menautkan link website Anda pada websitenya alias backlink.

Backlink adalah cara paling terkenal dan paling jitu untuk meningkatkan traffic website. Namun mendapatkan backlink tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Oleh karena itu jangan pelit untuk menautkan internal link agar Anda lebih mudah mendapatkan backlink.

3. Lakukan Backlink
Anda bukan hanya tidak boleh pelit internal link tetapi juga tidak boleh pelit memberikan backlink kepada orang lain yang lebih dahulu menautkan link website Anda pada websitenya.
Bila orang tersebut sering mengarahkan pembacanya untuk mengunjungi website Anda tetapi Anda tidak pernah memberikan backlink maka bisa jadi orang tersebut lama-lama enggan untuk menautkan link website Anda.

4. Manfaatkan Google Adsense, Facebook Ads dan Twitter Ads
Cara optimasi Seo Off Page yang satu ini memang tidak gratis, tetapi bila Anda membuat website dengan tujuan mempromosikan barang dagangan atau jasa Anda di dunia nyata, maka mengiklankan website Anda melalui Google Adsense, Facebook Ads dan Twitter Ads adalah cara paling jitu.
Google Adsense pada Youtube adalah yang paling menjanjikan karena Youtube selalu dikunjungi oleh ratusan ribu orang setiap harinya. Anda bisa mengiklankan dengan banner tulisan atau iklan dalam bentuk video.

Iklan berbentuk video lebih menjanjikan karena banyak orang yang malas membaca. Namun tentu saja harganya sangat mahal, bila ingin berhemat maka Anda bisa mengiklankan website Anda dengan iklan dalam bentuk banner.
Tempat iklan lainnya adalah Facebook, meskipun banyak penduduk Indonesia mulai meninggalkan Facebook dan beralih ke instagram tetapi Anda tidak akan bisa membuat iklan di instagram jika tidak punya akun Facebook karena Instagram telah diakusisi oleh Facebook.

Pasang iklan melalui Facebook Ads yang menautkan link website Anda akan meningkatkan traffic website tersebut.
Terakhir adalah twitter, memasang iklan di twitter jangkauannya justru lebih besar dibandingkan instagram karena masih banyak penduduk Indonesia dan di seluruh dunia yang menggunakan twitter. Anda tidak hanya akan mendapatkan pengunjung website asal Indonesia saja tetapi juga dari luar negeri.

5. Dekati Influencer atau Pabrik Figur Terkemuka
Dekati youtuber, selebgram, blogger, selebritas dan seniman terkemuka yang memiliki jumlah followers minimal 100 ribu. Minta mereka untuk mempromosikan website Anda. Bila mereka membuat postingan, video atau tweet tentang website Anda akan banyak orang yang melihatnya, membacanya, menyukai, meretweet bahkan membagikan video, tweet, postingan yang menuju ke website Anda. Website Anda jadi dikenal oleh banyak orang.

Orang-orang tersebut memang belum tentu semuanya membuka link website Anda, tetapi semakin banyak yang meretweet dan memabagikan tweet, video dan postingan yang menautkan link website Anda maka kemungkinan peningkatan jumlah pengunjung website akan semaki tinggi.

6. Rajin Berkomentar Pada Blog atau Website Lain
Rajin-rajinlah mengunjungi website atau blog lain, tinggalkan komentar positif dan menarik untuk dibaca. Bila banyak orang yang membaca, menyukai dan setuju dengan komentar Anda maka ada kemungkinan orang-orang tersebut penasaran dengan Anda dan mengklik username yang sudah Anda arahkan pada website Anda.

7. Ciptakan Hubungan Baik di Dunia Nyata
Cara penggunaan Seo Off Page yang satu ini berlaku untuk Anda yang memiliki website untuk usaha Anda.
Ciptakan relasi yang baik dengan customer Anda. Bila ia merasa puas dengan pelayanan Anda maka ia akan kembali membeli produk atau menggunakan jasa melalui website Anda. Bukan hanya itu ia juga akan memberitahu rekan dan saudara mereka tentang website Anda.

Membangun hubungan yang baik dengan banyak customer sama dengan semakin banyak mengiklankan website Anda secara gratis.

The following two tabs change content below.
Load More By penulist
Load More In Seo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Keren! Kini Google Chrome Menawarkan Fitur Andalannya

Produk Google memang tidak pernah mengecewakan, salah satunya adalah web browser ciptaanny…