Android saat ini menjadi produk tehnologi terbaik dalam sejarah. Namun permsalahan klasik yang muncul pada OS mobile ini ialah mengenai daya tahan baterai android yang dirasa cepat habis. Bagaimana solusinya? Penasaran? Jangan khawatir, berikut ini akan dijelaskan mengenai tips agar gadget android tidak boros baterai.

Cara Mengatasi Android Boros Baterai Lebih Simpel

Pada dasarnya android telah di setting secara default sehingga daya baterai yang digunakan memakan daya standar, namun kebanyakan Anda selaku pengguna sering menambahkan banyak aplikasi dan Anda tidak tahu bagaimana agar smartphone android memiliki baterai dengan daya tahan lebih lama. Nah, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

  • Mematikan Koneksi yang Tidak Perlu Dapat Mengatasi Android Boros Baterai

Android memang di desain sebagai smartphone yang terkoneksi ke internet, namun tidak harus semuanya di konesikan ke internet, hal-hal yang perlu saja yang di hidupkan, matikan yang tidak perlu semisal Wi-fi dimatikan saat tidak digunakan, GPS dimatikan dsb. Hanya gunakan aplikasi yang terconnect pada internet ataupun terconnect ke gadget lain ketika perlu saja, hal ini akan mampu menghemat daya baterai android karena tidak banyak aplikasi yang menyerap energi.

  • Jangan Menggunakan Live Wallpaper dan Flash Kamera

Live wallpaper memang menarik untuk dilihat. Namun, kamu harus tahu bahwa live wallpaper sangat memakan banyak daya, ini di karenakan animasi yang ada di dalamnnya sangat memakan daya, untuk itulahhindari pemakaian live wallpaper jika ingin menhemat daya baterai android Anda. Selain itu, jangan terlalu sering bermain dengan flash kamera, gunakan seperlunya saja, ternyata lampu kamera juga memakan daya yang tinggi.

  • Pilih Power Saving Mode (Hemat daya) & Matikan Vibrasi

Android memiliki power saving mode yang bisa diakses dalam menu setting.  Power saving mode ditujukan untuk menghemat penggunaan baterai. Apabila mode power saving diaktifkan, secara otomatis akan melakukan beberapa teknik untuk menghemat baterai. Misalnya, mematikan koneksi seperti Wi Fi atau Bluetooth. Cara ini sangat efektif untuk menghemat daya baterai ponsel android.

  • Atur kecerahan Layar & waktu kunci ponsel

Atur kecerahan layar, penurunan tingkat brigthness tidak perlu dilakukan sampai total. Turunkan di tingkat di mana mata masih dapat melihat layar dengan nyaman. Daya terbesar yang memakan baterai ialah di layar, karena di layar terdapat banyak lampu untuk meneranginya, dan ini merupakan bagian yang memakan daya baterai. Atur waktu kunci handset secepat mungkin, misalnya 10 detik terkunci. Hal ini di gunakan agar handset android tidak terlalu lama menghidupkan layar sehingga dapat menghemat pemakaian daya baterai android.

Nah, demikian ulasan singkat mengenai tips agar gadget android tidak boros baterai yang dapat disampaikan kali ini. Diharapkan beberapa tips tersebut bisa memberikan referensi positif bagi pengguna android. Selamat mencoba tipsnya dan semoga bermanfaat.

The following two tabs change content below.
Load More By penulist
Load More In Tech News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Keren! Kini Google Chrome Menawarkan Fitur Andalannya

Produk Google memang tidak pernah mengecewakan, salah satunya adalah web browser ciptaanny…