10 Teknik Promosi Bisnis Menggunakan Media Sosial Supaya Laris Manis

Siapa sih yang tidak tahu media sosial? Tentunya anda sudah mempunyai beberapa akun media sosial bukan! Sekarang ini, media sosial bukan hanya dijadikan media untuk bersosialisasi dan mengekspresikan diri saja. Namun, sosial media juga bisa dijadikan media untuk mempromosikan bisnis yang sedang anda geluti. Sosial media apa saja yang bisa dijadikan ajang promosi bisnis anda dan bagaimanakah teknik promosi yang paling tepat? Mari kita simak ulasan berikut ini!

  1. Promosi Bisnis Melalui YouTobe

Sejak diluncurkan pada tahun 2005, media broadcast yang berkonten video ini sudah sangat populer dan paling sering di akses oleh kebanyakan netizen di seluruh dunia, termasuk anda yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, selain dapat dijadikan ajang untuk mengekspresikan diri, YouTobe juga bisa menjadi salah satu media sosial yang sangat potensial untuk mempromosikan bisnis anda.

Bagaimana cara promosi bisnis anda menggunakan YouTobe tersebut? Pertama-tama, buatlah akun Youtobe anda terlebih dahulu dengan cara mendaftar atau registrasi. Login dengan email yang telah anda registrasikan, kemudian siapkan konten video promosi bisnis anda. Konten video tersebut harus mudah dipahami dan menarik bagi para netizen sebagai calon konsumen anda.

Selain konten, judul video juga harus diperhatikan. Buatlah judul dengan keyword yang berhubungan dengan bisnis anda serta banyak dicari oleh calon konsumen anda. Dengan begitu, maka akan memungkinkan video promosi bisnis anda tersebut menjadi sering terlihat dan terakses oleh netizen. Setelah itu, upload video tersebut ke akun YouTobe anda. Semakin banyak dan semakin menarik video yang anda upload, maka akan semakin populer juga bisnis yang sedang anda promosikan tersebut.

  1. Promosi Bisnis Melalui Facebook

Tentu anda sudah mempunyai akun Facebook bukan? Nah, itu sudah merupakan salah satu langkah awal untuk mempromosikan bisnis anda. Langkah selanjutnya adalah dengan membuat Facebook Fan Page khusus untuk bisnis anda. Dalam Facebook Fan Page tersebut harus berisi tentang detail informasi mengenai bisnis yang akan anda promosikan.  Lebih lanjut lagi, anda bisa mencoba memanfaatkan fitur Facebook Ads.

Fitur ini sengaja disediakan oleh Facebook untuk mendongkrak trafik bisnis anda agar semakin populer dan laku. Fitur ini memang berbayar, namun anda dapat menentukan target pasar sesuai dengan bisnis yang sedang anda jalankan. Dengan begitu, konsumen yang masuk ke Facebook Fan Page anda kemungkinan besar akan sangat potensial untuk bisnis anda.

Selain itu, anda juga dapat membuat group Facebook yang membahas tentang produk atau jasa yang sedang anda promosikan. Jika ada diskusi atau pertanyaan terkait produk dan jasa anda, maka layani dan berikan jawaban yang memuasakan bagi mereka karena mereka adalah target pasar yang akan membuat bisnis anda semakin berkembang dan maju. Grup Facebook ini akan memungkinkan menarik konsumen untuk membeli produk dan jasa yang anda tawarkan.

  1. Promosi Bisnis Melalui Instagram

Promosi di Instagram akan lebih efektif dilakukan dengan menggunakan akun Instagram Bisnis daripada akun personal. Akun personal juga akan lebih efektif jika sudah mempunyai banyak followers. Namun, sebaiknya pilihlah akun Istagram Bisnis karena akan sangat support terhadap bisnis anda. Istagram Bisnis mempunyai fitur insight dimana anda akan mudah untuk mengetahui produk mana yang paling banyak mendapatkan respon berupa like, comment dan engagement dari para calon konsumen anda.

Selain fitur tersebut, Instagram Bisnis juga akan membuat anda lebih mudah untuk menyisipkan kontak dan alamat toko kepada para calon konsumen anda sehingga mereka lebih mudah untuk menghubungi atau bahkan datang ke toko anda sekalipun. Disamping itu, anda juga harus mengoptimalkan kolom biodata untuk diisi secara lengkap. Jangan lupa untuk menambahkan informasi rekening, promo atau bahkan diskon. Terakhir, gunakan logo atau produk andalan toko anda untuk dijadikan profile picture sehingga para konsumen akan lebih tertarik untuk mengunjungi promosi anda.

Apakah anda tertarik untuk melakukan promosi di Instagram? Ikuti tips berikut ini! Pertama, gunakan fitur hastag karena fitur ini dapat menjangkau calon konsumen anda walaupun belum follow akun anda. Tulislah hastag sesuai dengan produk atau jasa yang anda jual. Kedua, anda bisa mencoba paid promote dimana anda dapat mempromosikan produk dan jasa anda melalui akun Instagram orang lain yang sudah memiliki banyak followersnya. Ketiga, lakukan promosi give away dengan cara memberikan gratis beberapa produk bagi para calon konsumsn anda.

  1. Promosi Bisnis Melalui Twitter

Jika anda tertarik untuk mempromosikan bisnis anda melalui akun Twitter, maka perhatikan dan aplikasikanlah beberapa tips berikut ini. Pertama, buatlah Id Twitter yang sangat berhubungan dengan bisnis anda. Pilih Id yang pendek-pendek saja agar mudah diingat oleh calon konsumen anda. Kedua, optimasikan header Twitter anda dengan memberikan gambar yang berkaitan dengan bisnis anda tersebut.

Ketiga, jika anda sudah punya website tentang bisnis anda, maka tambahkan website tersebut di akun Twitter yang telah anda buat. Keempat, jangan lupa untuk selalu mempromosikan akun Twitter anda di website, blog, forum dan lain sebaginya. Kelima, agar produk dan jasa dari promosi anda semakin dikenal banyak orang, maka gunakanlah fitur hastag. Keenam, follow akun Twitter potensial dan terkenal karena akan berpotensi menyukai dan membeli produk atau jasa anda. Ketujuh, upayakan untuk selalu interaktif dengan konsumen. Kedelapan, berikan mereka special offer apabila mereka me-retweet salah satu tweet anda yang berhubungan dengan promosi yang anda lakukan.

  1. Promosi Bisnis Melalui Google+

Walau kalah pamor dari sosial media lainnya seperti YouTobe, Facebook, Instagram, dan Twitter; namun keberadaan sosial media Google+ sangat bermanfaat dalam meningkatkan traffic bagi bisnis anda. Untuk urusan promosi anda dapat memanfaatkan fitur circle karena fitur tersebut dapat menjaring calon konsumen potensial yang akan tertarik bahkan membeli produk dan jasa anda.

Promosi juga akan semakin maksimal karena Google+ sudah dibekali SEO otomatis dari fitur Google+ Page dan Google+ Local Business sehingga promosi anda akan semakin terkenal di Google. Selain beberapa fitur yang akan menunjang promosi anda, lakukan juga pengoptimalan konten dan postingan yang menarik. Jangan lupa untuk melakukan tautan antara postingan di Google+ dengan halaman website resmi anda.

  1. Promosi Bisnis Melalui Pinterest

Apabila anda ingin menjadikan Pinteres sebagai ajang promosi bisnis anda, maka anda dapat meng-upload foto promosi anda tersebut ke pinboard, kemudian share postingan tersebut ke beragam media sosial termasuk ke website anda.

  1. Promosi Bisnis Melalui Tumblr

Blog berbasis jejaring sosial ini memang sangat efektif untuk menjadi media promosi bisnis anda. Tumbrl bisa mempromosikan bisnis anda yang terkoneksi langsung dengan media sosial lain seperti Twitter, Facebook, atau Google. Postingan yang ada di Tumbrl anda akan terlihat secara otomatis di akun sosial media lainnya. Disi lain, anda juga dapat mengoptimasi profil sesuai dengan kebutuhan anda sehingga bisnis anda akan semakin eksis di dunia maya.

  1. Promosi Bisnis Melalui Flickr

Promosi dengan Flickr ini dapat dilakukan dengan cara men-tag foto atau video yang anda upload dengan menggunakan kata kunci populer. Dengan begitu, maka foto atau video promosi anda akan mudah ditemukan dan sangat populer di mesin pencari.

  1. Promosi Bisnis Melalui Path

Untuk urusan promosi bisnis anda, Path memberikan iklan atau advertising yang dinamakan Track. Fitur ini akan memungkinkan iklan atau promosi anda untuk tampil di timeline para calon kunsumen anda. Disi lain, anda juga bisa mencoba fitur Native Ads karena fitur ini setara dengan Facebook Ads, Twitter Ads, dan Instagram Ads yang sama-sama dapat memberikan traffic bagi bisnis anda tersebut.

  1. Promosi Bisnis Melalui BBM dan WhatsApp

Apabila anda memaksimalkan personal messenger seperti WA dan BBM untuk mempromosikan bisnis anda, maka pastikan anda memiliki kontak yang banyak agar calon konsumen anda semakin banyak juga. Display Picture atau Profile Picture selalu di update dengan produk atau promo terbaru. Anda juga dapat memaksimalkan promosi dengan cara membuat Grup tentang bisnis anda, tapi ingat jangan terlalu sering untuk memposting atau broadcast tentang promosi anda karena dikhawatirkan akan mengganggu calon konsumen. Jangan lupa untuk upload promosi anda sewajarnya dan bangunlah kepercayaan konsumen anda, jangan sesekali membohangi atau mengecewakan mereka.

Itulah 10 sosial media yang bisa anda gunakan sebagai ajang promosi bisnis anda supaya mendapatkan traffic dan keuntungan yang lebih banyak dari bisnis yang sedang anda jalankan tersebut. Jangan lupa untuk mengaplikasikan tips-tips yang berkaitan dengan promosi bisnis anda tersebut. Selamat mencoba!

The following two tabs change content below.

masterseoid

Saya adalah admin dari masterseoid.com yang menyajikan informasi menarik seputar informasi online yang memang sudah sangat berkembang. Oleh sebab itu saya berharap semua informasi yang saya sajikan ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca di blog saya ini. Terima kasih.
Load More By masterseoid
Load More In Media Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Inilah Trik Mengetahui Foto IG Dengan File Asli

Foto profіl pada pada іnstagram tіdak terlіhat dengan penuh dan tіdak bіsa dіperbesar dan …